Jumat, 23 Oktober 2015

Perpustakaan Pribadi / Perpustakaan Keluarga

       Sebagai penggemar buku, saya secara berkala membeli buku, minimal sebulan sekali di toko buku, dan beberapa bulan sekali memesan secara on-line di webnya Amazon atau Periplus Indonesia. Jika ada tugas ke luar negeri, maka saat perjalanan pulang, koper saya separo akan berisi buku yang saya beli di sana.

       Karena tempat yang terbatas, dan beberapa kali pindah rumah, maka buku-buku tersebut sebagian diletakkan di lemari buku kecil. Sisanya (sebagian besar malah) disimpan di box atau kardus. Beberapa kali saya mengambil buku di box dan kardus dengan perasaan sedih, karena kondisi buku yang menjadi kotor dengan halaman-halaman kertas yang berubah menjadi coklat...
     
       Setelah belasan tahun memimpikannya, akhir tahun 2015 ini, mimpi saya menjadi kenyataan...saya memiliki perpustakaan pribadi! Perpustakaan ini menjadi kenyataan setelah istri saya merelakan kebunnya dipotong sebagian untuk membangun perpustakaan....
Perpustakaan pribadi ini, atau tepatnya perpustakaan keluarga (karena ada buku-buku istri dan anak2) ukurannya adalah sbb :
- Ukuran :
       Luas      : 24 m persegi
       Panjang : 6 meter
       Lebar     : 4 meter
       Tinggi    : 3 meter
- Lemari :
       Jumlah lemari : 10 lemari (6 lemari di sisi panjang, 4 lemari di sisi lebar)
       Ukuran tiap lemari : 90 cm x 40 cm x 300 cm
       Rak tiap lemari : 1 lemari bawah tingi 60 cm, 1 rak tinggi 40 cm, 5 rak tinggi 30 cm

Berikut foto-fotonya :








Rak buku-buku Bahasa Indonesia (buku cerita, komik, agama)



Rak Buku-buku Bahasa Inggris




Rak Buku Anak


Adapun buku-buku yang ada di perpustakaan pribadi / perpustakaan keluarga saya ada di post blog Perpustakaan Keluarga : Daftar Buku.



3 komentar:

  1. Tahun baru telah menanti kita semua, menjelang akhir tahun kami S1288poker akan membagikan Free chips untuk anda semua member setia S1288poker. Mau chips gratis? dan hadian nya?
    Mari bergabung sekarang juga hanya DI S1288poker

    untuk info lebih lanjut silakan hubungi kontak CS S1288poker di bawah ini
    BBM - 7AC8D76B
    WA - 08122221680
    LINE : S1288_POKER

    Salam JP
    by S1288poker.

    BalasHapus
  2. Mas Dwi yth. Salam kenal. Saya Allen. Saya tidak sengaja membaca blog Mas Dwi. Saya pun penggemar buku dan mempunyai niat untuk membuat perpustakaan pribadi. Saya bisa konsultasi tidak mas? Mohon kita berinteraksi melalui email saya: allenkurniawan@yahoo.com

    Terima kasih atas atensinya.

    BalasHapus
  3. Gambar raknya Bagus. Izin pakai buat background Zoom ya mas.

    BalasHapus