Selasa, 22 Januari 2013

Wisata di sekitar Lido Sukabumi - Warso Farm, Danau Lido & Desa Bumbu

(posted from old blog in 2010)
Menyambut liburan tahun baru 2010, kami mendapat kesempatan menempati rumah di daerah Pasir Muncang, lebih kurang 10 km dari perempatan tol Ciawi ke arah Sukabumi, 2 km sebelum danau Lido.
Sungguh beruntung juga beberapa keluarga / saudara bisa ikut sehingga suasananya jadi ramai... Setelah menggelar acara panggang-memanggang (barbeque) sederhana pada sore dan malam hari, esok paginya kami mencoba wisata ke beberapa tempat.. Wisatanya cukup menarik, sehingga saya ingin sharing ke rekan-rekan, siapa tahu tertarik mencobanya ...

1. Warso Farm

Pertama-tama kami mengunjungi Warso Farm, yaitu agro wisata perkebunan durian. Tiba di lokasi pukul 8 pagi, anak-anak kecil rombongan kami langsung memberi makan ikan di kolam ikan di sebelah restoran Warso. Anak-anak berebut melemparkan nasi dan roti, dan ikan-ikan mas / koi berebut makanan tersebut. Karena jumlah ikannya cukup banyak dan besar, maka menarik juga melihat bagaimana ikan-ikan tersebut seperti berebut 'naik' dari danau...
Saat sedang menunggu, saya melihat pemilik Warso Farm lewat, dengan kumisnya dan tongkat 'golf'nya yang khas ... langsung saya minta foto bersama ... lumayan untuk kenang-kenangan...

Setelah itu kami langsung menaiki tangga yang cukup tinggi ke perkebunan durian. Sampai di atas, ada penyewaan paint ball. Anak-anak mencobanya (25 ribu untuk 5 peluru, menembak sasaran), sementara yang lain terengah-engah beristirahat sejenak... Setelah itu kami melihat2 pohon durian. Karena pohonnya pendek, maka kami berfoto ria sambil memegang buah durian... Setelah puas (alias kecapekan) melihat-lihat perkebunan durian, kami turun menuju tempat pemesanan durian. Kami menyebutkan pesanan kami, kemudian makan durian bersama, sementara beberapa anak bermain di playground....

Warso Farm terletak di Desa Cihideung - Kelurahan Cipelang Kecamatan Cijeruk - Bogor. Dari Ciawi rutenya sbb :
  • Keluar tol Ciawi ke arah Sukabumi
  • Sampai di pasar Caringin (l.k. 8 km dari perempatan tol Ciawi) belok kanan di pertigaan ke arah Maseng (jalan alternatif ke Bogor)
  • Dari pertigaan tersebut ikuti jalannya l.k 6,5 km maka akan sampai di Warso Farm (jalannya aspal dan hotmix).
Tips :
  • Pesan durian sehari sebelumnya (sms / tlp 081310630041 pesan berapa durian atas nama siapa). Beberapa pengunjung yang tidak pesan sebelumya tidak mendapatkan durian. Harga durian 30 ribu per kg. Karena bukanya hanya di weekend dan hari libur nasional, sebaiknya konfirmasi dulu apakah esok hari buka.
  • Sebaiknya datang pagi (sekitar jam 8) sebelum penuh / ramai
WARSO FARMd/a H. Soewarso PawakaDesa Cihideung - Kelurahan Cipelang Kecamatan Cijeruk - BogorTel: (0251) 211344 Fax: (0251) 211343. No admission fee. Open only in weekend at 07.00-17.00. Average price Rp. 30.000 / kg
2. Danau Lido

Dari Warso Farm kami menuju ke Danau Lido yang berjarak l.k. 4 km dari pasar Caringin ( jadi sekitar 12 km dari perempatan tol Ciawi)... Masuk ke lokasi harus membayar sekitar 5 ribu / orang... Turun ke danau kami bisa melihat keindahan danau Lido. Kami kemudian menyewa perahu 'buaya' untuk memutari sebagian danau. Tarif resmi untuk 10 orang sebenarnya hanya 70 ribu, tapi karena kami berombongan besar maka kami memilih tarif negosiasi... Pemandangan dari perahu sangat indah, terlihat pinggir-pinggir danau, sawah, gunung dan awan-awan ... Di tengah danau ada anak-anak yang menawari ikan dan udang dalam plastik seharga 5 ribuan. Karena kasihan dan anak-anak tertarik juga, maka kami membeli beberapa plastik. Mereka menjual juga kelapa muda untuk diminum sambil naik perahu ...
Waktu pulang dari danau Lido anak-anak minta dibelikan layangan dan sabun gelembung... Sabun gelembung yang dibeli ini lumayan bagus, kental, sehingga waktu memainkannya anak-anak gembira bisa meniup dan menangkap kembali gelembung sabunnya (tidak mudah pecah).... Si kecilku (3 tahun) setiap kali meniup gelembung dengan lucu bilang : Dadah gelembung, sampai ketemu lagi, aku kangen deh sama kamu ...

Saya sempat menelepon hotel Lido (0251-8220922) di sebelah danau menanyakan tentang ATV (motor trail), katanya sewanya sekitar 200 ribu untuk 2 orang selama 1 jam. Tapi karena keterbatasan waktu, kami tidak jadi mencoba ATV-nya ...

3. Rumah Makan Desa Bumbu

Sepulang dari danau Lido, kami mampir untuk makan siang di rumah makan Desa Bumbu. Lokasinya dari danau Lido sekitar 1 km balik arah ke Ciawi (atau lk. 10 km dari perempatan ciawi) ... pertigaan (ada spanduknya) belok kanan... Tempatnya bagus, di tengah-tengah persawahan ... ada saung-saung dan pemancingannya... ada kerbau dan flying fox.... Kami pesan gurame goreng, udang, kangkung dll. Masakannya enak, sambil menikmati pemandangan dan angin semilir sepoi-sepoi ...
Info : Sea Bumbu, Desa Cinagara Kecamatan Caringin
Bogor, Jawa Barat - Indonesia, PH (0251)22-4877.
Sekitar jam 2 siang kami kembali ke rumah istirahat... Sambil santai tidur siang diiringi hujan, anak-anak main gelembung sabun ... Bahagia rasanya bisa berkumpul bersama keluarga besar menikmati liburan bersama... Diiringi rasa syukur, kami juga berdoa semoga masih diberikan kesempatan di depan untuk berkumpul bersama. Amin ...
Bagi anda yang ingin mencari tempat liburan alternatif, cobalah lokasi-lokasi di atas... Anda bisa berangkat pagi2 dan langsung pulang sore atau menginap di penginapan / hotel... Selamat mencoba ...